Sabtu, 19 April 2008

Windows Hyper-V, Virtualisasi Server

Masih dari berita seputar peluncuran Windows Server 2008 yang baru kemarin memasuki pasar Indonesia secara resmi di Jakarta. Kali ini feature yang akan dibahas adalah Windows Hyper-V. Dari sekian banyak feature yang tersedia dalam Windows Server 2008, salah satu feature yang menarik untuk dibahas adalah Wndows Hyper-V. Windows Hyper-V merupakan sebuah fungsi yang terdapat pada Windows Server 2008 untuk virtualisasi sistem operasi. Dengan mempergunakan fungsi virtualisasi dari Windows Hyper-V ini diharapkan dapat mempermudah pengelolaan dan memaksimalkan utilisasi server.

Widows Hyper-V diharapkan dapat menghadirkan kemudahan dalam pengaturan service dari setiap server serta kontrol keamanan yang lebih tinggi terhadap keamanan server dalam sebuah infrastruktur perusahaan. Hal ini disebabkan karena trend pengembangan infrastruktur untuk perusahaan-perusahaan yang menjalankan berbagai service dalam beberapa server sekaligus, sehingga kemudian oleh Microsoft dipandang perlu adanya sebuah fungsi virtualisasi sistem yang dapat mempermudah pengelolaan infrastruktur seperti itu.

Dengan mempergunakan Windows Hyper-V ini, maka user dapat menetukan dengan lebih rinci Virtual Machine dalam utilisasi server maupun pengaksesan hardware. Selain itu Windows Hyper-V juga mengijinkan Virtual Machine untuk mengakses langsung CPU Core yang ada di server, baik itu 2 Core, 4 Core maupun 8 Core. Virtualisasi dari Windows Hyper-V ini juga dapat dipergunakan dalam menjalankan pengujian aplikasi atau test-bed application dalam sebuah sistem.

Dari sisi capability, Windows Hyper-V hanya dapat dijalankan pada seri Windows Server terbaru dari Microsoft, yaitu Windows Server 2008 64 bit, karena Windows Server 2008 32 bit-pun ternyata belum dapat menjalankan Windows Hyper-V ini. Dari sisi hardware requirement, Windows Hyper-V memerlukan processor dengan teknologi hardware-assisted-virtualization-support yang saat ini hanya mampu diusung oleh processor AMD-V dan processor Intel VT. (dna)

sumber: http://www.beritanet.com

Tidak ada komentar: